3 Resep Menulis untuk Pemula

            3 Resep Menulis untuk Pemula


Menulis adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi yang suka menulis, namun untuk pemula bisa saja merupakan tantangan. Karena bagi pemula, menentukan judul atau tema saja butuh waktu berjam-jam. Apalagi untuk mendapatkan satu paragraf tulisan, satu bait puisi atau satu kalimat bermakna. Saya ingin menjadi penulis dan bergabung dari komunitas menulis mulai awal bulan Maret. Setiap saat Komunitas Menulis mengadakan event saya berusaha ikut. Kadang saya tidak lolos event menulis, awalnya kecewa tentu tapi itu menjadikan saya lebih semangat lagi menulis. Alhamdulillah 3 bulan ini saya sudah bisa menerbitkan 1 buku solo dan 4 buku kolaborasi dan antologi.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai pemula ada 3 resep menulis yang bisa digunakan untuk pemula yaitu:
1. Bergabung dengan komunitas menulis.
    Dengan bergabung dengan komunitas menulis, maka kita akan mendapatkan ilmu menulis. Tidak hanya itu, bergabung dengan komunitas menulis kita mendapat teman-teman yang luar biasa, para penulis senior dan founder/Admin yang selalu memotivasi untuk menulis. Saya punya dua komunitas yaitu Komunitas Yuk Menulis/KYM bersama mbak Vitriya Mardiyati dan Kelas Menulis Gelombang 11/Kuliah On Line bersama Om Jay.
2. Menulislah setiap hari agar harimu lebih berarti.
     Terpaksa untuk menulis bagi pemula akan menjadi kebiasaan yang baik. Awalnya saya menulis di buku tulis sebagai konsep tulisan. Setelah saya baca berulang-ulang baru saya ketik. Namun setelah saya mengenal blog maka saya menulis di blog. Semakin sering menulis dan memaksakan menulis lamban laun akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Dan akhirnya hasil tulisan pun semakin menarik. Dengan menulis setiap hari kita dapat mendokumentasikan cerita, pesan atau motivasi kita untuk yang lsinnya.
3. Perbanyak membaca dan membaca.
    Dengan banyak membaca kita mempunyai referensi untuk menulis dengan lebih baik. Dengan banyak membaca Kita bisa mengetahui karya yang layak dipublikasikan.

Semoga pengalaman saya sebagai penulis semula bisa menambah semangat untuk menulis.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Kuliah On Line ke-11

Resume Kuliah On Line ke-10