Membangun Branding Lewat Blog dan Medsos

Resume Kuliah On Line ke-12
Hari, tanggal  : Jumat, 26 Juni 2020
Narasumber   : Namin AB Ibnu Solihin
Materi              : Membangun Branding lewat Blog dan Media Sosial
Peresum          : Nur Hidayati



*Bismillahirrahmanirrahim*

Bapak/Ibu Guru Blogger y yang luarbiasa, Om Jay yangakan berdiskusi dan sharing tentang Membangun Branding lewat Blog dan Media Sosial.

Sebelumnya kita berdiskusi berikut saya sampaikan beberapa hal di bawah ini :
1. Profil Singkat
2. Video materi di Channel YouTube
3. Materi di Slidshare.net

Silakan Bapak/ibu guru bisa pelajari terlebih dahulu

Terimakasih😊
Bahwa acara ini di gelar untuk mencetak insan yang mampu menulis dan menerbitkan buku
Alhamdulillah , narasumber kita malam ini adalah motivator terbaik yang pernah ada di Indonesia beliau adalah bapak Namin AB Ibnu Solihin

http://membangunpersonalbranding.blogspot.com/2020/06/belajar-menulis-lewat-blog-pribadi.html
Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial

Perkenalkan teman-teman Nama saya Namin AB Ibnu Solihin founder motivatorpendidikan.com, untuk mengenal lebih dekat dengan saya teman-teman bisa searching nama saya di Google. Atau bisa buka link berikut ini https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/

Saya juga telah membagikan secara Gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net, Dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7 Ribu kali setiap tahunnya. Linknya sebagai berikut https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak

Kita bisa berteman melalui media sosial yang saya miliki Instagram @motivatorpendidikancom, saya juga membagikan kegiatan saya di Channel YouTube Motivator Pendidikan Com.

Baiklah teman-teman saya akan berbagi bagaimana saya membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial.

Saya mulai Ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com, saat itu saya ngeblog untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Tulisan di Blog juga masih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahatan hati.

Lebih dari 10 blog pernah saya buat di blogspot.com, kini semua blog tersebut sudah saya hapus semua.

Hingga akhirnya disekitar tahun 2013  saya mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif, diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama.

Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 saya mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

Pada tahun 2014 saya dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015 kami Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.

Tahun 2014 juga awal saya mulai membangun Branding lewat blog. Perjalanan saya membangun Branding bisa dibaca di profil saya pada link di atas.

Singkatnya akhirnya pada tahun 2015 saya melaunching www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang saya isi.

Sebelum website tersebut di launching, saya banyak mencurahkan gagasan saya tentang pendidikan di Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com

Membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.

Membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya.

Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

Menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Hingga akhirnya ketika orang berbicara "Motivator Pendidikan" mereka, Akhirnya akan mengingat "Namin AB Ibnu Solihin". Ini contoh saja 😊

Tapi jika ada penasaran coba anda searching di Google beberapa kata berikut ini "Motivator Pendidikan" "Pembicara Seminar Parenting" "Motivator Pelajar". Anda akan bertemu dengan siapa kira-kira?

Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan saya keliling Indonesia, saya telah mengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014-sekarang.

Lengkapnya materi membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial saya bagikan lewat link di bawah ini.

Demikian pengantar diskusi malam ini.Semoga bermanfaat dan tetaplah bersemangat untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

Dari Cluster Edelweis B Harvest City
https://www.youtube.com/watch?v=PFWf0-gerT8 Silahkan bisa berikan komentar dan pertanyaan 😊
https://www.slideshare.net/naminsekolahakhlak/membangun-branding-melalui-blog-dan-medsos Silahkan bisa di Download

https://motivatorpendidikan.com/ Silahkan mampir di rumah maya saya 😊
https://www.instagram.com/anaktanpagadget/

https://www.instagram.com/motivatorpendidikancom/ kalau ini instagram saya 😊

https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/

MOHON MAAF SAYA MENYAMBUNGKAN MATERI PAK NAMIN, NARASUMBER ADA DI BUS 12. Perkenalkan nama saya AAM NURHASANAH, dari LEBAK BANTEN. Salam kenal buat semua guru hebat seindonesia.

https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak/materi-seminar-parenting-mendidik-anak-agar-gemar-membaca

Diskusi:
(1). Assalamualaikum,
Saya siti Nurbaya Az, SE
Karimun, Kepri.
Salam super buat pak Namin, dengan begitu banyaknya aktivitas yang bpk lakukan setiap hari, bagaimana cara bpk untuk tetap dapat konsisten menulis.  Terima kasih, Gelombang 12. Wassalam.
Jawaban:
Saya suka baca saat ini justru mulai masuk kuliah semester dua,

Dimulai dari suka baca buku novel terlebih dahulu.

Jadi tidak masalah jika anak suka baca komik 😊

Setelah itu insya Allah akan suka baca buku yang lainnya.

Yang penting kita orang tua memfasilitasinya

(2). Selamat Bp Namin AB Ibnu Salihin,  sy bu sri dari bantul, DIY  ge. 12 , mau bertanya :
1. Hosting itu apa ya sy sering dengar tp tidak faham
2.  Kelebihan ngeshare file di slide share apa ya sering bc tp kurang faham

Terima kasih Bp Namin AB.  Ibnu Salihin
Jawaban:
Terimakasih Bu Sri atas pertanyaannya.

Hosting adalah Hosting atau web hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database ( Niaghoster).

Jadi mudahnya hosting itu adalah tempat dimana website kita menyimpan file.

Contoh website saya www.motivatorpendidikan.com

Domainnya."Com"
Hostingnya saya menggunakan id webhost, yang kapasitasnya unlimited.Jika kita sering publish materi kita di slideshare.net,

Sama kayak Blog,

Karya kita akan bisa dinikmati oleh banyak orang.

Jika orang sudah merasakan manfaatnya, orang akan menghubungi kita, baik jadi pembicara atau penulis, atau dijadikan ahli konsultan.

Nah biar file kita menarik dilihat orang buatlah PPT yang keren 😊

(3). Asw Pak, saya candra dr Langkat Sumatera Utara, peserta dr gelombang 9.. motivasi merupakan tenaga pendorong terbesar untuk mnjadikn seseorang sukses...apa motivasi terbesar bpk hingga mncpai hal yang saat ini bpk dpt? Trmksh sblmny pak🙏
Jawaban:
Terimakasih Pak.Candra, Alhamdulillah saya pernah berkunjung ke kota Bapak.😊

Motivasi terbesar saya untuk sukses adalah, saya ingin hidup saya dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.

Untuk menjadi orang bermanfaat, tahapan yang kita harus lakukan belajar dulu.

Kemudian mengalami langsung dan setelah itu barulah kita berusaha untuk memberikan untuk banyak orang.

Maka saya punya motto "jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani"

*Dalam proses perjalanannya kita wajib terus memantaskan diri untuk menjadi pribadi yang berkualitas*

Bisa dilihat di profil saya pada bagian MY Story'

Itulah perjuangan saya,

*Saat ini motivasi terbesar saya adalah saya ingin mewujudkan visi dan kurikulum keluarga saya agar anak-anak saya menjadi pribadi yang Shalih*

Atas motivasi itu saya mendidik anak saya dengan cara @anaktanpagadget, tv dan Bioskop.😊

(4). Assalamu'alaikum nama saya Adi_tangerang.
Pak Namin boleh minta games2 untuk training pendidikan pak? Terima kasih pak namin😄🙏
Jawaban:
Keren Pak.Adi

Semoga bisa jadi Guru kreatif😊

Silahkan https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak/materi-60-ice-breaking-dan-game-pembelajaran-kreatif-2019

(5). Assalamu'alaikum pak Namin yg baik...
Saya Rachmi H dr banyuwangi gel 10
Pertanyaan saya bgmana memotivasi diri sendiri untuk bisa konsisten dalam menulis yang kadang timbul tenggelam niat menulisnya
Jawaban:
Terimakasih Bu Rachmi 😊

Proses menulis itu
Rumus 5a.

Dipaksa
Terpaksa
Kepaksa
Biasa
Terbiasa 😊

Jadi paksakan dulu selama 3 bulan minimal menulis 15 menit saja.

Insya Allah setelah itu akan jadi terbiasa😊

(6). ga sesuai bu dg tema

Assalamualaikum
Alhamdulillah bisa bertemu guru+motivator yang luar biasa
Saya ratri dari Samarinda

Saya guru matematika SMA. Bagaimana membuat blog menarik untuk matematika sehingga siswa pada suka matematika?
Jawaban:
Terimakasih Bu Ratri

Blog yang menarik itu.

Designya simpel,
Postingan dipandukan tulisan, video dan gambar.

Karena kita harus memfasilitasi tiga kecerdasan anak yang Visual, Audio, dan Audio Visual maka blog ibu harus berisikan konten tersebut.

Butuh perjuangan memang😊

Maka jangan pernah menyerah untuk belajar.

(7). Assalamualaikum, bapak Namin yang saya hormati, setelah saya membaca profil bapak. Masya Allah sangat mengispirasi sekali. Perjuangan bapak dari awal hingga akhirnya menjadi orang sukses, kami sangat salut. Maaf saya atas nama Siti Nurlatifah dari Subang gelombang 12. Izin bertanya.
*Mengapa  bapak pernah menghapus seluruh tulisan bapak di blogspot*? Namun akhirnya tulisan bapak sekarang begitu luar biasa.

Terima kasih🙏
Jawaban:
Terimakasih Bu Siti

Subang ada Rumah kedua saya, karena Istri saya dan semua anak saya lahir di Subang 😊

Saya tidak hanya menghapus tulisan di Blog tali juga di Facebook yang pernah saya tulis dimasa lalu.

Tujuannya adalah untuk menyelaraskan dengan konten-konten yang kita tulis dimasa sekarang.

*Saya merasa tulisan saya dimasa lalu baik di Facebook atau di blog tidak pantas untuk dinikmati orang* 😊

(8). Assalamu'alaikum
Saya bu Titin dari Subang

Izin bertanya pa
1.Mengapa seseorang perlu untuk membranding dirinya sendiri?

2.Biasanya dalam tim seleksi kepala Sekolah, hal apa saja yg menjadi nilai dari Tim?

3.Menurut bapak lebih enak mmjadi guru atau seorang trainer/motivator?


Terimakasih🙏
Jawaban:
Terimakasih Bu Titin 😊

1. Jika dia punya tujuan untuk dikenal publik, karena agar ilmunya banyak dirasakan manfaatnya oleh orang, maka wajib membranding diri.

2. Pengalaman saya menyeleksi para calon kepsek yang pertama dinilai adalah : akhlaknya (kepribadiannya), pemahaman ke Islamannya (jika agama Islam), leadership-nya dalam mengelola dan mendidik anak dan istri/suami dan rekannya, kerja nyatanya dimasa lalu, kreativitas dalam mengembangkan sekolah dan SDM,  visi besarnya dan kemampuan problem solving.3. Saat ini saya menjadi motivator/trainer, tapi jiwa saya adalah guru.

Hanya bedanya jika dari tahun 2004-2014 saya lebih fokus mengajar siswa.

Nah sekarang semua saya berinteraksi dengan kalangan yang terlibat dalam dunia pendidikan.

Semuanya enak😊

Kesimpulan:
Terimakasih Bapak/ibu semua atas diskusi yang menarik pada malam hari ini 😊

Teruslah bersemangat untuk memantaskan diri menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani.

Terus belajar dengan banyak sumber.

Banyaklah membaca buku.

*Karena kita tidak mungkin bisa menulis jika malas membaca* 😊

Jadilah sebaik-baik manusu yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang.

Jika belum paham tentang Branding, tidak usah dipusingkan 😊

Fokus saja menulis sesuai dengan kemampuan kita.

Terimakasih, semoga bermanfaat😊


Demikian resume yang dapat saya buat. Semoga Alloh selalu memudahkan dan memberikan yang terbaik untuk kita semua. Aamiin.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Kuliah On Line ke-11

Resume Kuliah On Line ke-10