Resume Kuliah On Line ke-11

Resume Kuliah On Line ke-11

Hari, tanggal : Rabu, 24 Juni 2020
Narasumber  : Dedi Dwi Tagama
Peresum         : Nur Hidayati

Kuliah On Line dimulai pukul 19.00 dengan memperkenalkan narasumber. Beliau adalah bapak Dedi dwitagama

Yang mau kenal wajah silahkan klik https://www.google.com/search?q=DEDI+DWITAGAMA&safe=strict&client=opera&hs=pc7&sxsrf=ALeKk02sZZDTBfTVBHsh7Q_p23stbPAjrQ:1593000570904&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwjYip_JtZrqAhWQSH0KHanrAPEQ_AUoAXoECAsQAw&biw=1240&bih=731

Saat ini saya Mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta, lebih lengkapnya ttg saya bisa disimak di blog saya http://dedidwitagama.wordpress.com/about

Saya menulis di blog sejak 2005, ini blog dokumentasi perjalanan saya dari sabang
hingga merauke dan bbrp negara di dunia, see
yang suka fotografi, mari berteman di instagram https://www.instagram.com/dwitagama/

penggemar youtube, boleh berteman dengan saya di https://www.youtube.com/user/dwitagama

Kita mulai dengan pengertian tentang BLOG --- blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang

Materi:
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

blog pertama saya th 2005 masih tayang hingga saat ini http://dwitagama.blogspot.com
th 2007 saya hijrah ke wordpress, https://dedidwitagama.wordpress.com
dilihat hampir dua juta kali dengan pengunjung hampir 600.000
Saya juga ngeblog di kompasiana, see https://www.kompasiana.com/dwitagama
posting terakhir saya tentang balita yang sudah pandai merokok, termasuk di depan ibu dan adiknya, see https://dedidwitagama.wordpress.com

Diskusi:
1. Assalamu'alaikum
Saya Titin Sumartini dari Subang
Ijin bertanya pa
1.Mengapa bpk hijrah dari blog ke wordpress?
2.Bagaimana tips bpk menjadi Kepala sekolah yg berprestasi

Terimakasih🙏😊
Jawaban:
salam bu titin, 2007 wordpress muncul, spt pola di dunia teknologi, edisi terbaru umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, skarang wordpress sudah ada app nya di android dan iphone ... saya menjalankan penugasan dinas, ikuuut aja, melengkapi semua persaratan, ternyata menang ... karena kata jurinya beberpa tahun kemudian ... sy dinilai menguasai teknologi dalam bekerja ... padahal saya mah cuma user aja.tulis pertama kali, atau terakhir sbelum uplod ... gunakan kalimat ringkas yang membuat pembaca ingin melanjutkan hingga habis artikel, misalnya: "Apa komentar kamu melihat meja belajar di sekolah banyak coretan dan tembok jalan yang kamu lewati banyak coretan seperti dua foto di atas?" silahkan liat posting lengkapnya di https://dedidwitagama.wordpress.com. saya pernah menerbitkan buku cetak Matematika SMK, penerbit galaksi, Penelitian Tindakan Kelas bersama Om Jay, Buku Narkoba, dan tulisan" lepas di majalah PGRI

2. Assalamu’alaikum, Pak Dedi.
Bolehkah kita mendokumentasikan sebuah tulisan yang sama ke dalam lebih dari satu blog pribadi? Misalnya tulisan yang saya tulis di blog.spot, saya isi juga di wordpress. Terima kasih! (Hamdani – Kepri) Jawab:
ALoow Pak Hamdani .... itu boleeeh, karena blog itu seperti majalah atau rumah kita, apapun boleh kita isi ... tetapi jika bapak memiliki blog di kompasiana.com sebaiknya bapak posting di kompasiana dulu baru bapak kopi paste di blog" lainnya ... krn kompas punya sistem yg bisa tahu tulisan kita sudh tayang di tempat lain ... dan itu bisa membuat kita di suspen

3. Assalamualaikum..
Sy Esti dari Bangka Belitung, mau bertanya ke Narsum yg super dan sgt menginspirasi sekali dan penuh dg segudang prestasi dan pengalaman. Luar biasa salut dg Pak Dedi Dwitagama.  Pertanyaannya adalah dari blog yg sdh kita buat bagaimana cara untuk menjadikan sebuah buku❓
Adakah syarat dan langkah-langkahnya biar hasil bukunya bagus. Mhn pencerahannya.  Tks🙏Jawaban:
aloow bu esti, terima kasih apresiasinya ... kumpulkan tulisan anda dari blog, kelompokkan tulisan berdasarkan tema ... konsultaikan dg editor atau fihak penerbit, anda akan mendapat saran dari mereka agar buku anda menarik buat dibaca, smg sukses

4. Slmat malam pak.. Maaf pak mnurut bpk.. Apakah mnylis di worpress lbh nyaman di bandingkn  di blog.. Tentu ada klbihan dr wordpress.. Klbihan apa dr wordpress di bnding dg blog. Soalnya saya msh bingung. Smntra mnulis do blog.jika sdh mmliki blog dan nnti mmliki wordoress jg.. Takut ga tetisi tulisan.. Cnderung ke salah satunya.bgmn tips mengelola kedua2nya agar srmua tetap terisi.. Tulisan kita.. Terimakasih..
Sumarjiyati- GK
Jawaban:
Dear Bu Sumaryati, soal nyaman itu selera, tulisan ibu di blogspot semuanya bisa di impor ke wordpress .... jadi blog wordpress ibu langsung banyak isinya .... terusin deh

5. Assalamu'alaikum pak dedi. Izin bertanya. Apakah semua kegiatan kita cocok untuk didokumentasikan? Bagaimana kalau kegiatan itu kita nilai biasa2 saja?
Adi_ tangerang. Jawaban:
ALoow Pak Adi .... idealnya semua kegiatan anda, kegiatan sekolah anda harus didokumentasikan, penilaian biasa" itu kan menurut anda ... buat orang lain di tempat lain bisa jadi luar biasa ... sperti anda membuang gelas air kemasan yg and anggap tak bernilai, buat pemulung itu luar biasa, bisa menyambung hidupnya

6. Maaf saya mohim tanya... Dalam penulisan di blogger itu apakah harua puamjang tulisannnya ya...kira2 kalau di hitungan halaman ...berapa halamankah?🙏wiwit gresik gelombang 6
Jawaban:
aloow bu wiwit ... umumnya tulisan saya berisi 3 alinea, kadang hanya satu alineap melengkapi satu foto saya, ini contohnya: https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/26/podcast-lebaran-2020/

7. Ass wr wb
Izin bertanya
Aidil fitriani dari Tenggarong
Bagaimana fhotografy pak ..apakah Bpk belajar tekhnik khusus ?? Jawaban:
ALoow Ibu Aidil ... fotografi seperti bermusik dan bercita, semakin sering kita melakukan maka makin pandai lah kita, saya belajar juga dari blog" fotografer profesional dan channel or instagram mereka, saya prektekin deh
ALoow Ibu Aidil ... fotografi seperti bermusik dan bercinta, semakin sering kita melakukan maka makin pandai lah kita hahaha, saya belajar juga dari blog" fotografer profesional dan channel or instagram mereka, saya prektekin deh ... mau kursus fotografi mahal, mending saya pake uangnya buat nambah koleksi kamera dan lensa aja

8. Assalamualaikum Pak, saya Lilis Nurhayati (lisnur) dari Bandung, saya merasakan masih sulit menuangkan ide atau gagasan, saya merasa sulit untuk memulai dalam membuat tulisan, kebingungan kata-kata pembukanya apa, mohon advive nya 🙏 gel 4 Jawaban:
Dear Ibu LisNur, saat punya ide, langsung ketik di gadget anda sebelum lupa ... saat ada waktu, lanjutkan deh tulisan itu, lengkapi dengan foto sendiri atau cari di google, upload deh

Kesimpulannya: Manusia yg baik adalah manusia yg bermanfaat buat orang lain, peribahasa gajah mati meninggalkan gading, dst ... kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang skarang bisa kita kelola menggunakan HP ... apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula .... menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas ... nikmati hasilnya kemudian ...

Semoga resume yang saya buat bermanfaat. Semoga Alloh memudahkan dan memberikan yang terbaik untuk kita semua. Aamiin.

Komentar

  1. Mantap resumenya ... tetap semangat bu

    BalasHapus
  2. Semangat ibu .. Untuk link coba ketiknya di ikon diatas link bu, biar pembaca bisa langsung buka halaman ..
    Keseluruhan bagus lengkap! 👏👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Kuliah On Line ke-10